Antisipasi Pencegah Banjir di Perumahan Aksara Homes, Synthesis Development Bersihkan Saluran Air

    2024-06-14

TANGERANG SELATAN – Sejatinya, sebuah perusahaan perlu memberikan hal yang berguna kepada lingkungan sekitarnya dengan berbagai aksi positif. Semenjak dahulu, Synthesis selalu melakukan koordinasi dengan lingkungan sekitarnya untuk ciptakan sinergi yang positif. Sinergitas terhadap lingkungan sekitar terjadi antara lingkungan hidup mulai dari ekosistem, masyarakat, hingga pengurus daerah setempat.

Kali ini Synthesis melakukan langkah kecil yang berdampak besar dengan membersihkan saluran air yang menjadi akses menuju proyek Aksara Homes yaitu Perumahan Inhutani. Synthesis melakukan rencana pencegahan banjir dari akhir tahun 2023 dengan melakukan observasi lingkungan dan mencari akar permasalahan serta solusi penanggulangannya, melakukan koordinasi secara menyeluruh kepada pihak terkait di perumahan Inhutani, serta melaksanakan rencana penanggulangan yang dibuat.

Synthesis menyadari bahwa pelaksanaan dari rencana pencegahan banjir harus dilakukan di waktu yang tepat, yaitu saat transisi menuju musim kemarau. Periode transisi inilah yang menjadi momentum baik bagi Synthesis untuk menjalankan kegiatan pencegahan banjir ini di perumahan Inhutani dan Aksara Homes. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Aldo Daniel selaku Chief Operating Officer Synthesis Development,

“Sejauh ini, sudah banyak sekali aksi yang kami laksanakan untuk proyek Aksara Homes. Salah satunya dengan membersihkan saluran air di dalam kompleks perumahan Inhutani hingga saluran kota. Berbagai aksi yang kami lakukan sudah mengalami kemajuan untuk menghadapi cuaca ekstrim seperti yang terjadi di tahun 2020. Dimana hujan lebat melanda Jabodetabek secara menyeluruh dan berdampak pada perumahan Inhutani. Tapi berkat campur tangan pemkot Tangsel, bencana banjir sudah teratasi di kawasan Inhutani dan di tahun-tahun berikutnya area ini sudah aman dari banjir,” ucap Aldo.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan ikut serta melakukan pencegahan banjir dengan menjalankan proyek normalisasi Kali di perumahan Inhutani. Bambang, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan, menjelaskan tujuan utama dari normalisasi kali untuk memperlancar saluran air yang banyak tersumbat oleh sampah dan endapan lumpur. Karena perumahan Inhutani diapit oleh dua sungai, ada baiknya untuk melakukan pencegahan sebelum terjadi banjir dikarenakan kedalaman kali yang tidak dangkal.

Bambang menjelaskan tujuan utama dari normalisasi kali untuk memperlancar saluran air yang banyak tersumbat oleh sampah. Hal ini sangat penting untuk mencegah banjir di kawasan perumahan Inhutani. "Kami dari pihak Dinas Lingkungan Hidup melakukan proyek normalisasi kali di sekitar perumahan Inhutani. Kami memiliki tujuan untuk memperlancar saluran kali, dikarenakan banyak sekali sampah serta endapan lumpur. Sebagaimana perumahan Inhutani dan sekitarnya dihimpit oleh dua sungai besar dan kecil pada bagian barat dan timur," jelas Bambang.

Synthesis juga turut serta dalam mendukung pencegahan banjir di perumahan Inhutani, Aldo menambahkan bahwa pembersihan pada aliran air ini menjadi langkah utamanya. Aksi ini, dilakukan setiap beberapa bulan sekali oleh Synthesis agar saluran air menjadi lebih lancar. Selain itu, Synthesis juga memperbaiki sodetan-sodetan yang ada di sekitar jalan utama perumahan Inhutani untuk meningkatkan aliran air menjadi lebih lancar lagi. Dari aksi ini, Synthesis membersihkan endapan lumpur dan sampah yang menumpuk pada saluran air untuk meningkatkan daya tampung air agar bisa lebih baik.

“Di saat kami memulai proyek ini, salah satu hal yang kami pertama lakukan adalah membersihkan saluran dan sodetan-sodetan untuk memperlancar aliran air di sekitar akses perumahan. Pastinya, aksi ini harus terus dilakukan secara rutin dalam beberapa bulan kedepannya serta koordinasi dengan seluruh stakeholders agar bisa melakukan diskusi lebih lanjut untuk memaksimalkan aliran air lebih dan mencegah banjir,” tambah Aldo.

Sejalan dengan pencegahan banjir di sekitar perumahan Inhutani, Bambang menambahkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan saat awal pengerjaannya dilakukan secara manual. Dikarenakan sulitnya untuk menggunakan alat berat pada aliran kali. Namun, pihak Dinas Lingkungan Hidup tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan alat berat berupa beko dalam beberapa hari kedepan. Proyek normalisasi pada kali ini memang sangatlah penting karena dampaknya bisa bermanfaat untuk jangka panjang.

“Saya kira proyek normalisasi kali  sangat penting, karena untuk mencegah banjir di perumahan Inhutani, Aksara Homes, dan sekitarnya. Pencegahan banjir berasal dari kedua sungai ini, dan kami sudah merencanakannya sejak lama. Maka dari itu, sebelum datangnya musim hujan ada baiknya kami menjalankan proyek ini terlebih dahulu untuk mencegah banjir di wilayah sekitar kedua sungai tersebut,” Bambang menambahkan.

Proyek normalisasi Kali sudah dilakukan sejak hari Sabtu (08/06/24) dan akan berjalan selama 20 hari kedepan. Pihak Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan segera melakukan koordinasi terkait dengan RT, RW, dan Kelurahan setempat. Untuk menginformasikan terkait proyek normalisasi Kali untuk saling menjaga lingkungan di sekitar Perumahan Inhutani dan Aksara Homes untuk mencegah banjir di masa mendatang.

Terakhir, Bambang menekankan bahwa pentingnya partisipasi masyarakat dalam keberhasilan normalisasi kali, dengan mengutamakan kesadaran untuk menjaga kebersihan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan terutama di aliran air dan sekitarnya. Hal tersebut bisa menyebabkan penyumbatan di bawah jembatan, sehingga menyebabkan air yang menggenang di area sekitarnya. Dari situlah aliran air pada salurannya tidak berjalan lancar yang dapat menyebabkan banjir.

Sinergitas yang baik antara developer bersama dengan pihak sekitar yang menaungi perumahan Inhutani, dengan meminta bantuan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk membersihkan aliran kali di kawasan Perumahan Inhutani dan Aksara. Karena penanganan pencegahan banjir tidak dapat dilakukan hanya ditempat-tempat tertentu, tetapi harus keseluruhan. Aksi ini sebagai wujud kepedulian antara pihak Synthesis dengan kawasan sekitar perumahan Inhutani.

Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL