Perang Dagang AS-China, Huawei Gandeng FiberStar Tingkatkan Teknologi Perangkat Jaringan

    2019-06-18

BALI–  Menutup akhir kuartal pertama tahun 2019, FiberStar (PT. Mega Akses Persada) menandatangi nota kesepahaman dengan Huawei (PT. Huawei Tech Investment) dalam acara Huawei ISP Summit Asia Pacific 2019 yang diselenggarakan di Hotel Mulia Nusa Dua, Bali.

Dalam nota kesepahaman tersebut, membahas mengenai komitmen kerjasama dalam rangka pemanfaatan teknologi berbasis optik untuk penyelenggaraan DWDM & MPLS, khususnya pada segmen submarine dan terrestrial cable.

Pada kesempatan tersebut, FiberStar yang diwakili oleh Thomas Dragono selaku Direktur juga berkesempatan untuk mengisi sesi dan memberikan paparan mengenai teknologi Fiber Cloud di hadapan lebih dari 150 pelaku industri internet dan telekomunikasi se-Asia Pasifik.

Pertemuan ini diadakan dengan tujuan membahas berbagai tantangan yang hadir di era 5G saat ini, terutama dengan hadirnya era kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan data center berbasis komputasi awan (Cloud) di wilayah Asia Pasifik khususnya.

Dalam paparan yang diberikan, Thomas menjelaskan mengenai bentuk kerjasama yang terjalin antara Huawei dan FiberStar yaitu penggunaan perangkat Huawei Optix OSN 9800 U16 yang menghubungkan Jakarta-Surabaya (Jayabaya) melalui jaringan kabel bawah laut (submarine) dengan kapasitas hingga 1,4 Tbps.

“Kami yakin dengan penggunaan perangkat berteknologi terbaik dari Huawei semakin membangun kepercayaan diri perusahaan dalam menyediakan infrastruktur yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat serta mendukung juga pembangunan nasional berbasis digital”, ujar Thomas.

Jack Chen, selaku ISP Account Director Huawei di waktu yang bersamaan juga menambahkan visi mereka mengenai kerjasama tersebut, “Huawei adalah perusahaan global yang menyediakan infrastruktur ICT dan smart devices dengan memberikan solusi integrasi antara empat komponen yakni jaringan telekomunikasi sebagai contoh jaringan Jakarta-Surabaya dengan menggunakan projek DWDM, solusi IT, smart devices dan penyediaan cloud. Kami berkomitmen untuk menghadirkan kenyamanan beraktivitas digital bagi semua orang, di setiap rumah dan organisasi, termasuk FiberStar, agar dapat selalu terhubung di dunia digital”.

Jack juga menambahkan bahwa dengan terjalinnya kerjasama ini merupakan suatu kebanggaan bagi Huawei untuk dapat mendukung FiberStar dalam membangun kehidupan digital di Indonesia serta dapat memberikan kontribusi yang positif untuk Indonesia yang lebih baik.

“Kami juga berharap dapat terus bekerjasama dengan FiberStar ke depannya termasuk dengan penyediaan optical backbone networks dan produk turunan lainnya”, tutup Jack.

Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL