Ruang Terbuka Publik Jadi Solusi Permasalahan Tata Kota di Kota Besar

    2018-09-05

Dok.HarianProperty.com

Jakarta, HarianProperty.com-SCG menyelenggarakan forum berjudul Construction Talk 2018 bertajuk “Better Living in Megacity”. Acara yang diselenggarakan di Hotel Pullman, Thamrin ini bertujuan untuk membagi pengetahuan, ilmu, ide dan solusi guna menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Berdasarkan data, Jakarta tidak lagi menjadi satu-satunya megacity di Indonesia karena Surabaya diprediksi akan menyandang predikat ini di tahun 2020.

Pembangunan pesat di megacity di satu sisi memberi keuntungan yang sangat luas namun di sisi lain juga membawa tantangan sosial dan lingkungan yang berdampak pada kualitas penduduknya.

Dara World Bank menyatakan bahwa ruang terbuka publik sangat penting dan memiliki dampak besar bagi kualitas hidup penduduk kota dan pengembangan diri mereka.

Menurut Country Director SCG Indonesia Nantapong Chantrakul, setiap area dan ruang publik di kota harus dirancang secara saksama untuk mengakomodasikan kebutuhan sosial masyarakat yang terus bertumbuh sambil menawarkan solusi untuk permasalahan lingkungan.

Solusi dengan Ruang Terbuka Terpublik

Ruang terbuka publik berperan penting dalam pembanguna di kota-kota besar. Oleh karena itu ruang terbuka publik harus terancang dengan baik dan saksama untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk kota.

Co-founder SHAU di Rotterdam dan Bandung Daliana Suryawinata menyatakan ruang publik adalah hak dari setiap orang, namun seringkali di lupakan. “Ruang terbuka publik yang dirancang strategis akan meningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkasnya.

Mengenai permasalahan tentang ketersediaan lahan, Sigit Kusumawijaya, salah satu arsitek pembicara yang hadir mengatakan yang terpenting adalah mengubah mindset. “Kita punya banyak arsitek yang smart yang dapat memaksimakan lahan yang sempit. Maka dari itu, yang terpenting adalah mengubah mindset,” pungkasnya.

 

Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL