Kiprah Donny Pur: Dari Sales Properti hingga Dirikan Yayasan Indonesia Hebat

    2019-09-25

Donny Pur, Ketua Yayasan Indonesia Hebat

JAKARTA-Salah satu bos pengembang properti PT Kairos Momentum Kapital, Donny Pur mendirikan Yayasan Indonesia Hebat, sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan Pendidikan. Salah satu agendanya adalah menyediakan ambulan gratis di beberapa rumah singgah dan relawan.

Donny Pur lahir di Purwokerto, Jawa Tengah pada 5 Oktober 1976. Pria yang hobi mengoleksi mobil sport dan jam tangan mewah ini memulai kariernya dari seorang sales properti. Karena keahliannya, ia pun menduduki posisi direktur pada tahun 2009 di beberapa perusahaan properti multinasional.

Pada 2010, ia merintis bisnis properti. Hingga 2013, sudah ada sekitar 30 perumahan yang telah ia buat. Pada 2013, pria bergelar sarjana hukum ini memberanikan membangun hotel dengan menggandeng investor. Kini beberapa hotel telah sukses ia bangun antara lain Sahid Eminence, Melia Bintan, Le Eminence Golf Bandung, Harris Bogor, Grand Golden Flower, Paragon City dan yang terbaru, lewat PT Kairos  Momentum Kapital, Ia dan beberapa rekannya akan membangun hotel bintang lima Grand Concorde North Bali di kawasan Bali Utara-dekat dengan pembangunan bandara baru.

Tak cuma usaha hotel, Donny Pur juga tercatat sebagi pendiri Koperasi Simpan Pinjam Karya Peduli, koperasi pembiayaan pemberangkatan TKI ke-3 negara yakni Hong Kong, Taiwan dan Singapura. Sejak 2012. Koperasinya ini sudah memiliki 31.000 anggota. Pria bergelas S2 Marketing ini juga memiliki bisnis media La Citra Media Group, Production House La Citra Media Sinetama dan belasan frachise waralaba.

Menurut Donny Pur, Salah satu kunci kesuksesannya dalam berbisnis adalah dengan bersedekah. “Saya percaya dengan bersedekah maka sedekah kita akan dibalas berkali-kali lipat oleh Tuhan. Karena alasan ini, saya mendirikan Yayasan Indonesia Hebat,” pungkas Donny Pur

Targetkan Sediakan 50 Ambulan di 2019

Donny Pur, yang juga merangkap sebagai Ketua Yayasan Indonesia Hebat mengatakan bawah ambulan yang disediakan nantinya dapat dipakai secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Kita sering jumpai ambulan yang disumbangkan sering disalahgunakan. Tulisan gratis, tapi malah dipungut biaya. Kami tidak mau seperti itu. Di sini kami murni bersedekah,” ujar Donny Pur di Wisma BNI, Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (24/9).

Donny Pur menuturkan, Yayasan Indonesia Hebat ia dirikan bersama teman-teman pengusaha properti dan finance. Gerakan ini dimulai dari tahun 2018 dan akhirnya menjadi yayasan di 2019. Yang menarik, Donny Pur mengaku mendapatkan inspirasi membuat Yayasan Indonesia Hebat dari seorang temannya.

“Saya terinspirasi dari salah satu teman saya yang juga pengusaha. Bahkan dirinya menyiapkan satu hari dalam seminggu untuk turun ke lapangan untuk mengendarai ambulan tersebut,” ujar Donny Pur.

Dari situ, Donny Pur beranggapan, kenapa tidak membuat sesuatu yang lebih besar saja. Salah satunya dengan membuat yayasan. Dari sini, kita bisa melakukan kegiatan sosial. Salah satunya adalah menyediakan ambulan untuk orang yang membutuhkan dan ini gratis.

Karena bergerak di bidang pendidikan, nantinya Yayasan Indonesia Hebat juga akan mengakusisi sekolah-sekolah yang kurang sehat dari segi operasional di luar Jakarta. “Kami rencananya akan membeli sekolah dari SD, SMP hingga SMA swasta. Yang terdekat kampus yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Bogor dan Surabaya,” ujar Donny Pur.

Sekolah-sekolah itu nantinya akan menjadi sekolah non profit dan targetnya adalah anak yang tidak mampu. Dari sekolah itu, lanjut Donny Pur, uang yang masuk dari donatur akan diputar. Salah satunya dengan membeli ambulan-ambulan tersebut. “Saat ini baru 12  ambulan. Targetkan kami menyediakan 50 ambulan di tahun 2019 ini. Daerahnya di Bogor, Sukabumi dan Subang. Nantinya akan merambah Jawa Tengah, khusunya kota-kota kecil ,” kata Donny Pur.

Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL