Diresmikan Jokowi, Tol di Lampung Jadi Tol Terpanjang di Indonesia

    2019-11-15

Presiden Jokowi didampingi Menteri Basuki, Menteri Erick Tohir, Gubernur Lampung , Gubernur Sumatera Selatan dan sejumlah pejabat daerah dalam peresmian ruas tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung pada Jumat (15/11/2019)

LAMPUNG- Tol Trans Sumatera yaitu ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dinobatkan sebagai tol terpanjang di Indonesia saat ini dengan total panjang jalan 189 kilometer (km).

Ruas tol ini melengkapi jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu. Dalam rencananya tol ini akan menghubungkan Lampung hingga Sumatera Selatan.

Ruas tol ini sendiri terbagi terbagi atas dua seksi dimana, Seksi I ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang terhampar sejauh 112 km kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang- Kayu Agung sepanjang 77 km.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan langsung ruas tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung di Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang KM 240 pada Jumat siang (15/11/2019).  

Dalam sambutannya Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

“Tol Sumatera ini akan terhubung mulai dari Lampung hingga Aceh dan Insyaa Allah akan selesai pada 2024 mendatang,” ujarnya di acara peresmian tersebut.

Di kesempatan yang sama, Jokowi menambahkan, kehadiran jalan tol ini akan menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memfasilitasi sentra produksi dengan membangun keterkaitan antara pusat produksi (kawasan industri, pertambangan, perkebunan, pariwisata) dengan outlet-outlet (pelabuhan/bandara) di Pulau Sumatera sehingga mendorong pengembangan wilayah.

Ruas Tol Terbanggi Besar- Pematang Panggang- Kayu Agung merupakan ruas terpanjang dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diserahkan kepada Dirut PT. Hutama Karya (HK) Bintang Perbowo. Dengan diresmikannya ruas tol ini maka panjang tol yang Trans Sumatera menjadi 469 km.

Editor: Redaksi

Comment

Comodo SSL