Sembilan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemenparekraf Dilantik

    2020-11-20

JAKARTA- Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani melantik sembilan orang pejabat fungsional dalam acara pelantikan yang berlangsung secara hybrid di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (19/11/2020) sore. 

Pengalihan jabatan struktural ke fungsional merupakan upaya mewujudkan birokrasi yang dinamis dalam mendukung kinerja pemerintah terhadap publik. 

Pejabat Fungsional yang dilantik sebanyak sembilan orang, terdiri dari Analis Kebijakan Ahli Madya sebanyak 2 (dua) orang, Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama sebanyak 5 (lima) orang, Peneliti Ahli Pertama sebanyak 1 (satu) orang, dan Analis Kepegawaian Ahli Pertama, sebanyak 1 (satu) orang

Ni Wayan Giri Adnyani dalam sambutannya mengatakan, salah satu rencana kebijakan pemerintah seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya adalah melakukan penyederhanaan birokrasi. Dimana jabatan struktural akan disederhanakan menjadi dua level. 

"Prinsip miskin struktur kaya fungsi dimaksudkan untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah (agile), dan profesional dalam upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik," kata Ni Wayan Giri Adnyani. 

Ia mengatakan, peran pejabat fungsional diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan keahlian dan keterampilan. Perubahan birokasi dari structural base menjadi functional base akan diikuti dengan pengelolaan jabatan fungsional dan pengembangan karier jabatan fungsional. 

"Sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan profesionalitas ASN (Aparatur Sipil Negara) dan unit kerja, karena jabatan fungsional lebih mengedepankan keahlian dan keterampilan pada jabatan," kata Ni Wayan Giri. 

Para pejabat yang dilantik ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan dedikasi juga loyalitasnya sehingga meningkatkan kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara keseluruhan. 

"Mari kita saling mendukung satu sama lainnya karena saya sangat yakin teamwork yang baik untuk suatu organisasi akan menghasilkan kualitas organisasi yang lebih bagus dibandingkan kita bekerja sendiri-sendiri," kata Giri. 

Penulis  : Ade
Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL