Pemerintah Beri Bantuan Untuk 500 Rumah Tak Layak Huni di Kabupaten Tulang Bawang

    2018-10-30

Sumber foto: pu.go.id

Tulang Bawang, HarianProperty.com – Kementerian PUPR melalui SNVT Penyediaan Perumahan salurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 500 unit Rumah tidak layak huni di Kabupaten Tulang Bawang. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tulang Bawang, Winarti, kepada Penerima Bantuan Program BSPS- NAHP LOAN tahun anggaran 2018 di Lapangan Balai Kampung Kecubung Mulya, Kabupaten Tulang Bawang Barat pada Senin, (22/10).

“Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang sangat berterima kasih atas bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atas Program BSPS yang telah disalurkan, yaitu bantuan berupa peningkatan kualitas rumah, yang awalnya rumah warga merupakan rumah yang tergolong Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) akan ditingkatkan kualitasnya menjadi Rumah Layak Huni” ujar Winarti dalam sambutannya sesuai dengan keterangan pers yang diterima HarianProperty.com.

Lebih lanjut, Winarti mengungkapkan bahwa pembangunan rumah harus memenuhi 3 kriteria yaitu rumah yang nyaman untuk ditinggali, rumah yang sehat dan rumah yang aman. Winarti pun berharap Kabupaten Tulang Bawang mendapatkan bantuan serupa mengingat masih tingginya kebutuhan masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang yang belum memiliki Rumah layak.

Program BSPS sendiri merupakan salah satu program Satu Juta Rumah oleh Kementerian PUPR yang diselenggarakan dalam rangka mengurangi jumlah rumah tidak layak huni. Bantuan berupa sejumlah tabungan yang dapat dicairkan dalam bentuk pembelian bahan bangunan. Adapun jumlah besaran bantuan adalah Rp 15 juta.

Masyarakat yang dapat menerima bantuan ini adalah masyarakat dengan kriteria antara lain warga negara Indonesia (WNI), masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan penghasilan di bawah Rp 4 juta, dan memiliki atau menguasai tanah. Selain itu, belum memiliki rumah atau memiliki dan menghuni RTLH, dan belum pernah menerima bantuan perumahan dari pemerintah.

Turut hadir di acara tersebut Kepala SNVT penyediaan Perumahan, Zubaidi, PPK Rumah Swadaya, M.Sahwidin Ridho serta Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulang Bawang.

Untuk diketahui sebelumnya bahwa Provinsi Lampung mendapat tambahan sebanyak 600 unit Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya yang tersebar di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Tulang Bawang. Kabupaten Tulang Bawang menerima Bantuan Program BSPS - NAHP sebanyak 500 unit yang tersebar di 8 Kecamatan, yaitu Kecamatan Rawa Pitu, Gedung Aji, Meraksa Aji, Banjar Margo, Penawar Tama, Gedung Aji Baru, Rawa Jitu Selatan dan Dente Teladas.

Dalam sambutannya, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan, Zubaidi, mengharapkan dukungan penuh dari Tim Teknis BSPS Kabupaten Tulang Bawang baik dari tingkat desa, kecamatan hingga dinas untuk saling bersinergi agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya tanpa pungli sehingga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

 

Penulis  : Meridien
Editor     : Gunawan

Comment

Comodo SSL