Wow, Museum Berbentuk Perahu Ini Punya Desain Super Keren!

    2018-09-12

HarianProperty.com-Dunia arsitektur memang selalu memberi kejutan. Konsep liar terbaru datang dari Skotlandia. Sebuah perahu besar berdesain futuristik kini tengah dibangun di negara yang memiliki segudang pemandangan eksotis ini.

Alih-alih perahu yang digunakan untuk berlayar, atau mungkin untuk menyelamatkan manusia dari kiamat seperti bahtera Nabi Nuh, perahu ini justru merupakan sebuah museum berskala internasional. V&A Dundee, sebutan museum ini, akan menjadi museum desain internasional pertama yang dibangun di Inggris di luar Kota London.

Proposal desian yang diajukan Kengo Kuma, firma arsitektur dari Jepang terpilih pada 2010 sebagai pemenang tender untuk membangun V & A Dundee.

Baca juga: 10 Artikel Gagal Ini Bikin Kamu Ngakak Seharian

Bekerja sama dengan pemerintah Kota Dundee dan dibantu kontraktor Tuner & Townsend, pengerjaan museum ini diharapkan rampung dan dapat dibuka pada tahun 2018.

Ada alasan spesial kenapa desain perahu yang dipilih. Ternyata, desain bertujuan untuk menghubungkan kembali Kota Dundee dengan tepi lautnya. Bangunan perahu besar ini nantinya akan terlihat seperti mengambang di atas Sungai Tay.

Seperti kita ketahui, histori Skotlandia tidak bisa dilepaskan dari nenek moyang mereka yang merupakan pelaut ulung. Diharapkan, Museum V & A Dundee dengan luas galeri seluas 1.650m2 ini dapat menjadi tempat exhibisi terbesar dan mampu mendorong inovasi desain untuk masa depan.

Secara tampilan fasad, tak terlihat bahwa bangunan seluas 8000m2 ini memiliki 3 tingkat ketinggian. Semua dinding luar terbuat dari beton melengkung serta 2.500 batu kasar pra-cor (buatan). Masing-masing batu memiliki berat hingga 3000 kilogram dan lebar sampai 4 meter.

Baca juga: Meliuk-liuk, Fasad Rumah Petani Ini Terlihat Meleleh

Batu-batu tersebut menciptakan pola dan tekstur seperti tampilan tebing-tebing di Skotlandia yang khas. Dengan konsep yang rumit dan megah tersebut, pantas jika pembangunan museum ini menelan biaya 80,11 juta pound atau Rp1,2 triliun lebih.

Seperti yang dilansir dari theurbandeveloper.com, Direktur Eksekutif Pengembangan Kota Dundee, Mike Galloway mengatakan bahwa V & A Dundee adalah prestasi yang membanggakan dalam sejarah Skotlandia.

 “Belum ada bangunan seperti ini yang dibangun di Skotlandia. Saya tidak bisa membayangkan ada bangunan lain di dunia yang mampu menandingi bangunan ini,” pungkasnya.

Baca juga:  Basecamp Pendaki di Pegunungan Islandia Ini Punya Desain Kece Badai

 

Editor: Gunawan

Comment

Comodo SSL